Stack pada Python (Indonesian Language) (Struktur Data)


A. Definisi
Stack adalah kumpulan data yang terurut sesuai bagaimana data tersebut ditambahkan atau dihapus. Proses pada stack terjadi pada satu ujung. Ujung ini disebut 'top'. Sisi yang berlawanan dengan ujung ini disebut 'base'. Stack dalam pengurutan data menggunakan metode LIFO (Last in, First in). Contoh implementasi dari stack adalah memeriksa keseimbangan tanda kurung, konversi bilangan desimal ke biner, konversi infix ke postfix/prefix dan lain sebagainya.

B. Ilustrasi

C. Algoritma
Berikut ini adalah algoritma salah satu implementasi Stack yaitu program memeriksa kata dengan lawan katanya. Jika kata tersebut bertemu dengan lawan katanya maka hasillnya True.
  1. Buatlah list pasangan kata.
  2. Input kata yang ingin diperiksa dan masukan ke Stack
  3. Buat Variabel hasil untuk menyimpan hasil True dan False.
  4. Ambil satu kata dari Stack.
  5. Bandingkan kata tersebut dengan kata yang berada pada list pasangan kata.
  6. Jika tidak ketemu maka kirim hasil False pada variabel hasil, Jika ketemu maka ambil satu kata dari stack lagi untuk membandingkannya dengan list pasangan yang tadi sama dengan kata pertama.
  7. Jika kata kedua tidak ketemu dengan pasangan pada kata pertama, maka variabel hasil berisi False
  8. Begitu seterusnya, sampai data yang diinputkan habis.
  9. Akumulasikan/evaluasi variabel hasil dengan operator 'And'
D. Kode Program
Berikut ini kode program untuk program memeriksa keseimbangan lawan kata. Kata yang bisa digunakan pada program ini adalah siang,malam,terbit,tenggelam. Kata bisa ditambah pada list pasangan.

Komentar

Posting Komentar